"Belajar Apapun, dimanapun, Kapanpun dengan siapapun"


Isu modal atau dana hampir pasti menjadi perhatian bagi setiap entrepreneur yang mendirikan usaha baru. Pembiayaan dari bank banyak menjadi sandaran tetapi tidak semua orang dan usaha memenuhi persyaratan yang diajukan bank. Sumber dana utang di luar bank menawarkan banyak alternatif untuk pembiayaan usaha. Berminat?

Berikut adalah beberapa sumber dana alternatif selain bank yang menurut Serian Wijatno bisa Anda coba:


1. Vendor financing

Usaha-usaha kecil mengajukan pinjaman dari toko penjual maupun penyedia barang dalam bentuk kredit dagang. Kredit dagang menjadi sumber pembiayaan yang amat vital bagi sebuah usaha. Mengusahakan penjual untuk memberikan kredit dalam bentuk pembayaran yang ditunda biasanya dilakukan daripada mengajukan pembiayaan dari bank. Dengan vendor financing, akan didapatkan pinjaman jangka pendek tanpa bunga. Triknya ialah dengan memastikan pembayaran yang teratur dan tidak menyalahi ketentuan yang diberikan kepada penjual.

2. Equipment suppliers

Banyak penjual peralatan mendorong pemilik usaha untuk membeli peralatan mereka dengan menawarkan pembiayaan pembeli tersebut. Metode yang digunakan sama dengan kredit dagang. Perbedaannya hanya dalah hal jenis barang yang ditawarkan.

3. Perusahaan pendanaan komersial

Perusahaan ini biasanya menawarkan pinjaman yang serupa dengan yang ditawarkan pihak bank namun mereka cenderung lebih menoleransi lebih banyak risiko dalam pinjaman mereka. Perusahaan ini cenderung lebih mengandalkan pendapatan dari bunga beberapa jenis jaminan dan karena mereka mengandalkan jaminan untuk menutupi kerugian mereka, mereka mampu untuk memberikan pinjaman kepada perusahaan kecil dengan aliran dana yang kurang bisa dipastikan atau pada mereka yang belum mendapatkan keuntungan.

4. Perusahaan asuransi

Untuk bisnis skala kecil, perusahaan asuransi jiwa dapat menjadi sebuah modal yang penting. Perusahaan asuransi menawarkan dua jenis dasar pinjaman, yaitu pinjaman polis dan pinjaman gadai. Pinjaman polis diberikan dengan dasar jumlah uang yang telah dibayarkan kepada perusahaan asuransi dalam bentuk premi asuransi. Waktu yang dibutuhkan bagi sebuah polis asuransi untuk mengumpulkan dana yang cukup untuk dipinjamkan biasanya berkisar 2 tahun. Saat seseorang mengumpulkan dana pada sebuah polis, maka ia dapat meminjam sampai 95% dari jumlah tersebut dalam batas waktu yang tidak ditentukan. Bunga biasanya ditarik per tahun tetapi peminjam dapat menangguhkan pembayaran kembali sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Perusahaan asuransi juga memberikan pinjaman gadai jangka panjang pada kepemilikan tanah. Pinjaman tersebut didasarkan sepenuhnya pada nilai pembelian tanah tersebut. Perusahaan asuransi akan memberikan pinjaman sampai 75-80% dari nilai tanah tersebut dan akan mengizinkan jadwal pembayaran kembali lebih dari nilai tanah tersebut dan akan mengizinkan jadwal pembayaran kembali lebih dari 10 tahun sehingga pembayaran kembali tidak akan menekan aliran dana perusahaan.

5. Credit unions

Credit unions ialah koperasi pembiayaan yang tidak berorientasi mencari untung yang mempromosikan tabungan dan menyediakan pinjaman bagi para anggotanya. Oleh karena itu, seorang entrepreneur harus menjadi anggota terlebih dahulu sebelum memiliki hak untuk mengajukan peminjaman. Praktik peminjaman yang terjadi pada koperasi simpan pinjam mirip dengan yang dilakukan pada bank hanya saja berbeda dalam jumlah uang yang dipinjamkan.

6. Surat obligasi

Surat obligasi selalu menjadi sumber dana utang yang populer bagi perusahaan besar. Namun, perusahaan kecil juga berusaha untuk mendapatkan sumber dana ini. Walaupun surat obligasi dapat menolong perusahaan kecil untuk mendapatkan modal, surat obligasi juga memiliki kelemahan tersendiri. Perusahaan yang mengeluarkan surat obligasi tersebut harus mengikuti aturan yang sama yang mengatur penjualan saham kepada investor publik. Andaikan pengeluaran surat obligasi bersifat pribadi, perusahaan tersebut harus mendaftarkan penawaran mereka dan mendokumentasikan laporan periodik kepada Badan Pengawas Pasar Modal.

Sumber: http://ciputraentrepreneurship.com/bina-usaha/52-pembiayaan-/7617-sumber-pinjaman-selain-bank.html

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 865 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: